Alkisah dalam pembuatan jam, sempat terjadi dialog antara si pembuat jam dengan jam buatannya. Kurang lebih seperti ini dialognya:

“Wahai jam ciptaanku, saya tugaskan kamu untuk berputar 31.536.000 kali dalam satu tahun.”
“Wah, Anda ini bagaimana? Mana mungkin saya dapat menjalankannya, itu terlalu berat buat saya, bisa dikurangi?” jawab jam.

“Kalau begitu, saya tugaskan kamu berputar 2.592.000 kali dalam satu bulan,”
“Hm, masih terlalu berat ah. Saya tidak mungkin bisa!”


“Gimana sich?! Ya sudah saya tugaskan kamu untuk berputar 86.400 kali dalam satu hari,”
“Saya ini lemah, kecil, sepertinya 86.400 kali berputar masih belum sanggup,”

“Baiklah, saya turunkan lagi menjadi 3.600 kali dalam satu jam, bagaimana?”
“Masih terlalu berat. Jangankan ribuan kali, ratusan dan puluhan saja sepertinya saya belum sanggup.”

“Kalau begitu ini terakhir saya tugaskan kamu, dan kamu tidak bisa untuk meminta keringan lagi, ini final. Kamu saya tugakan untuk berputar satu kali dalam satu detik !!!”
“Nah, kalau itu saya bisa. Siap akan saya laksanakan.”

Begitulah kira-kira dialog antara pencipta jam dengan jam ciptaanya. Akhirnya, jam itu berputar satu kali dalam satu detik, terus berputar, berputar, dan terus berputar. Tanpa disadarinya, dia telah berputar 2.592.000 kali dalam satu bulan, bahkan sampai 31.536.000 kali dalam satu tahun. Dan ternyata ketika dia tersadar, dia kaget, dia bisa berputar sebanyak itu.

Sahabat SuksesBahagia,

Kadang kita merasa tugas yang dibebankan kepada kita terlalu besar, terlalu berat, tidak sepadan, dan sebagainya. Kadang kita juga merasa diri ini tidak akan mampu melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan. Padahal, ketika kita mulai menjalankan tugas-tugas tersebut, kita ternyata mampu menjalankannya.

Oleh karena itu, janganlah kita merasa tidak mampu untuk menjalankan amanah yang diberikan. Kerjakan sekarang! Itu kuncinya. Maka amanah seberat apapun akan bisa dijalankan dengan baik dan tuntas.


Imam Nugroho
Mindsetter SuksesBahagia

0 komentar:

Posting Komentar