Naskah Pidato Upacara  Bendera tanggal  16 Juni 2012dalam rangka kegiatan upacara tanggal 17

Selamat pagi,...          
Cipaganti  dijawab oleh peserta upacara “Yes, We can”
Cipaganti dijawab oleh peserta upacara “Yes, We Can”
Cipaganti dijawab oleh peserta upacara “Yes, We Can”

Yth. Bp Presiden Komisaris dan jajaran Komisaris Cipaganti Citra Graha
Yth. Bp Presiden Direktur dan jajaran Direktur PT Cipaganti Citra Graha
Karyawan karyawati PT Cipaganti Citra Graha Group yang kami banggakan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Teriring salam sehat, semoga Tuhan senantiasa memberikan limpahan karunia-Nya, sehingga kita semua bisa menjalankan semua aktifitas bisnis baik yang sudah, dan masih dalam rencana dan wacana kedepan.

Puji syukur, marilah senantiasa kita sampaikan keharibaan Tuhan, bahwa atas berkah dan ilmu-Nya lah maka kita sekalian hari ini masih eksis menjadi anggota keluarga dari sebuah perusahaan yang sedang tumbuh, berkembang, yang kita rasakan semakin hari semakin membesar, menaungi lebih dari 3000 karyawan dan keluarganya, dan Insya Allah dengan berbagai rencana bisnis kedepan yang telah disusun dengan baik akan menjadi perusahaan yang merupakan kebanggan dan aset bangsa sebagaimana yang tertera dalam “company vision and mission” .

Ditengah aktifitas yang begitu menyibukkan, meminta setumpuk perhatian, menyita berjam-jam waktu pikiran dan curahan tenaga, marilah sejenak kita mengingat kebijakan mutu yang telah ditetapkan perusahaan sesuai dengan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2008, tentang perlunya kita semua memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan kepuasankepada para pemakai jasa/pelanggan ataucustomer satisfactionserta terus melakukan penyempurnaan atau continuous Improvement baik pada aspek SDM (People), Proces (Process) dan sarana prasarana (Infrastructure)   dalam berbagai aktifitas keseharian.
Jelas, bahwa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menghidup-kembangkan perusahaan, kita harus terlebih dahulu tahu apa point-point yang diinginkan pelanggan kita.
Tanpa mengetahui point-point tersebut, serta komitmen untuk mewujudkannya maka pelanggan tidak akan terpuaskan dan akhirnya lari ke pesaing atau competitor kita.
Dsinilah pentingnya 2 hal utama yaitu mengetahui kebutuhan pelanggan dan mendeliver value sesuai keinginan pelanggan yang selalu berubah dari waktu waktu karena pengaruh perkembangan zaman, gaya hidup dan berbagai faktor ekternal lainnya.
Kita melihat betapa Nokia mengalami keterpurukan market share karena konsep “user friendly” yang nyata-nyata sudah tidak sesuai dengan kebutuhan/need  pelanggan yang sudah berubah ke konsep “user experience” yang diusung oleh Ipad dengan android-nya, beberapa tahun yang lalu pangsa pasar Honda tergerus oleh Yamaha, namun beruntung Honda segera melakukan berbagai improvement sehingga  mampu mengembalikan predikatnya sebagai market leader pemasar motor di Indonesia

Saudara sekalian, karyawan karyawati Cipaganti yang kita banggakan.

Pertanyaan yang menggelitik untuk kita kemukakan, sudahkah kita mengetahui apa sebenarnya kebutuhan pelanggan kita, sudahkah pula kita melakukan berbagai tindakan perbaikan untuk memenuhinya?
Pernahkah kita merangcang suatu aktifitas yang dengan itu, kemudian pelanggan kita menjadi pelanggan yang setia, misalnya ketika memasuki point area, lalu sang driver  mengatakan “ Bapak, Ibu, kita akan istirahat sekitar 5 menit, mobil akan dibersihkan, dicek tekanan ban dan diisi bahan bakarnya”....lalu ketika mobil berhenti serombongan crew mekanik menghampiri membawa vacum cleanner, membersihkan, cek tekanan angin dan menambahkan ketika kurang, menyemprotkan pengharum, mengisi bahan bakar, sementara driver menunggu sambil meregangkan otot melepas penat, lalu ketika mobil mau melanjutkan perjalanan, crew tersenyum sambil melambai bak boing 737-800 NG  yang akan take off. Ach,...tentu siapapun yang naik akan merasa trust karena begitu care crew memperlakukannya. Suatu pengalaman travelling yang aman dan nyaman.
Dan tentu, masih banyak aktiftas-aktifitas lain yang bisa kita lakukan untuk membuat pelanggan terpuaskan, diberbagai lini, diberbagai unit kerja kita.

Saudara sekalian, karyawan karyawati Cipaganti yang kita banggakan
Sudahkah pula kita bertanya sudah sejauh manakita mewujudkan  motto perusahaan "TRUST & CARE", yang berarti jasa yang diberikan adalah jasa yang berkualitas, jasa yang dapat diandalkan karena diberikan tepat waktu, efisiendengan reputasi tinggi.

Jika jawaban atas pertanyaan diatas SUDAH marilah kita pertahankan dan terus kita tingkatkan.
Dan jika jawabannya BELUM marilah segera kita lakukan, karena persaingan semakin sengit, perubahan perilaku pelanggan boleh jadi menjadi ancaman jika kita tidak siap mengatisipasinya dan merubahnya menjadi kesempatan.
Baik jawaban “SUDAH” atau jawaban “BELUM” ternyata keduanya memerlukan aktifitas yang sama yaitu perbaikan yang terus menerus. Perbaikan pada SDM, perbaikan pada proses kerja dan juga pada sarana prasaran karena untuk sekedar bertahanpun harus dengan melakukan sesuatu apalagi untuk meningkatkan. Jadi Continuous improvement is a must, perbaikan adalah sebuah keniscayaan.

Saudara sekalian, karyawan karyawati Cipaganti yang kita banggakan.
Improvement starting with I (baca ai) not U (baca you), dimulai dari Iam NOT you are, dari saya dan bukan Anda.
Saya ingin marilah kita semua berkomitment untuk melakukan continuous improvement sebagai implementasi dari ISO 9001:2008 dengan mengucapkan seraya menepuk pundak rekan didepan kita : Improvement dimulai dari I not U, dari saya bukan Anda.
(mohon ditirukan). Baik. Terima kasih. 

Dan puji syukur, hari ini Presiden Direktur PT Cipaganti (atau yang mewakili: Bpk Cece Kadarisman) ) berkenan untuk menyematkan PIN  “ Improvement“ sebagai pertanda kembalinya semangat perbaikan seluruh karyawan karyawati Cipaganti.

Untuk itulah sebagai simbolisasi semangat tersebut kami undang saudara-saudara kita agnet of change :
1.  Sdr. Irman R dan Sdr. Candra mewakili kelompok “Ngariung” bersama dengan judul Memperbaiki sistem part untuk meningkatkan readiness Alat Beratdengan target memperpendek proses lead time spare part dari 10 hari ke maksimal 5 hari
2.  Sdr. Budiman dan Sdr. Lucas mewakili kelompok “Optimalizer” dengan judul improvement : Optimalisasi UmurPakai  Ban dengan Tire Management dengan target umur ban lebihpanjang 5 – 10 %dan biaya ban turun 5.8 Rp/KM.

Akhirnya, semoga Tuhan senantiasa memberikan bimbingan dalam setiap langkah kita bersama.  Marilah kita mulai melakukan improvement dari saat ini, dari diri sendiri, dari yang kecil. Selamat  Berkarya, berjuang dan bermanfaat.

Salam

0 komentar:

Posting Komentar