Seperti mobil balap, otak juga perlu perawatan agar kinerja atau performanya tetap top. Dan itu berkaitan dengan luar dalam. Maksudnya, dari luar adalah asupan gizi yang cukup, dan dari dalam adalah motivasi atau semangat yang harus selalu positif. Hal ini bukan cuma berlaku untuk kita, tetapi juga buat anak-anak kita yang masih menuntut ilmu.

Faktor-faktor yang menyebabkan otak menjadi ‘malas’, antara lain adalah karena kejenuhan yang diakibatkan oleh rutinitas yang cenderung monoton. Itu sebabnya anak-anak selalu perlu bermain, disamping belajar dan sekolah. Dan artinya, orang dewasa juga perlu refreshing. Tapi jangan melulu diartikan dengan jalan-jalan berwisata atau liburan. Karena refreshing itu ada banyak caranya. Tergantung kreativitas kita tentunya.

Berikut ini adalah tips yang bisa kita terapkan untuk membuat otak kita tetap fresh dan cemerlang.

1. Cukupkan Istirahat. Yang paling penting bagi otak kita adalah cukupnya istirahat. Sebab kalau kita kurang istirahat, otomatis kinerja otak kita akan menurun dan daya konsentrasi akan lemah. Dan kalau itu yang terjadi, sudah pasti kinerja dan performa otak kita akan payah. Jadi, pastikan kita selalu cukup istirahat.

2. Asupan Bergizi. Jangan anggap sepele sarapan. Karena sarapan amat penting buat bekal kita menghadapi aktivitas seharian. Malah ada yang bilang, kualitas sarapan adalah lebih penting daripada makan siang dan malam. Dan itu masuk akal. Sebab, sarapanlah yang jadi sumber energi kita sejak awal kegiatan. Oleh karena itu, usahakan untuk sarapan atau memberi anak-anak sarapan yang bergizi. Supaya otak jadi oke.

3. Olahraga. Dalam bentuk apa pun, olahraga itu memang penting buat tubuh. Karena lewat olahraga otak kita banyak mendapat asupan oksigen. Nah, kalau mau badan selalu sehat dan otak terus cemerlang, lakukan olahraga secara teratur. Tidak usah yang terlalu berat, asal rutin dan berkesinambungan, itu sudah cukup buat tubuh. Termasuk rutin jalan kaki menuju kantor, atau bersepeda ke kantor.

4. Batasi Penggunaan Gadget. Harus kita akui, gadget memang banyak membantu memberi kemudahan dalam kehidupan kita. Namun kita juga harus punya variasi kegiatan yang bisa membangkitkan kreativitas. Daripada BBM-an, atau Facebook-an, atau SMS-an, dan segala macam kegiatan sejenis itu, mungkin berkebun atau membaca buku, atau membetulkan sepeda si kecil, atau mengecat pagar, bisa menjadi kegiatan yang membuat suasana hati kita jadi lebih baik, sehingga otak kita juga ikut terefresh.

5. Batasi Nonton Televisi. Terutama anak-anak, sebaiknya dibatasi waktunya menonton televisi. Sebab, televisi berkecenderungan membuat kita jadi malas, selain juga mengganggu kesehatan mata. Perhatikan saja orang yang gemar menonton televisi, mereka jadi cenderung lamban dan tubuhnya membengkak, karena terbiasa menonton televisi sambil mengemil. Dan kalau kemalasan sudah menyerang, akibat asyik menonton televisi, maka daya kreativitas juga akan ikut menurun.

6. Jauhi Barang Perusak Otak. Ada banyak benda yang bisa merusak otak yang sangat kita sukai, seperti rokok, minuman beralkohol, ganja, narkoba, dan sebangsanya. Dan kerusakan otak itu selalu bersifat permanen. Jadi, sekali kita menggunakan barang-barang yang bisa merusak otak, maka akan selamanya bagian otak yang rusak itu akan membuat kualitas hidup kita jadi menurun.


7. Kuatkan Otak dengan Iman. Agama amat menjunjung tinggi kewarasan akal, maka adalah wajar apabila orang yang beriman sangat menjaga kewarasannya, dan tentunya juga otaknya. Beribadah kepada Tuhan, sejatinya adalah latihan konsentrasi dalam atmosfir relaksasi yang sempurna. Jadi, kalau Anda sedang sangat sibuk dan merasa otak mulai lelah, berhentilah sebentar dan beribadahlah. Tundukkan hati dan pikiran untuk fokus berkomunikasi dengan Tuhan, setelah itu Anda akan siap kembali menghadapi apa pun yang diajukan dunia ke hadapan Anda.

Semoga Bermanfaat,

sumber:http://www.tnol.co.id/tips-trik/22813-supaya-otak-selalu-cemerlang.html

0 komentar:

Posting Komentar